Top Ad unit 728 × 90

NubeTronic

Cara Optimalkan RAM Android Tanpa Root


 Salah Satu hal yang sering menjadi keluhan para pengguna sistem oprasi milik Google ini adalah mudah melambatnya Ponsel setelah beberapa lama di gunakan.
Bagi yang tau tentang seluk beluk sistem operasi Android mungkin sudah tau apa yang harus di lakukan untuk mengatasi hal itu, tapi bagi pengguna awam tentu Masalah Ponsel lemot akan membuat urat nadi mengeucit hehe. bagaimana tidak karena walaupun Smartphone android keluaran sekarang ini mempunyai spesifikasi yang cukup mumpuni pun tidak menjadi jaminan ponselnya terhindar dari penyakit lemot. 
Hal itu karena secara default sistem oprasi android memang di desain multi tasking dimana beberapa aplikasi akan di biarakan bekerja di belakang walaupun kita tidak sedang menjalankannya. sehingga seiring waktu dan penambahan aplikasi  pengguna yang berjalan  tentu semakin membebani kinerja ram.
Dan karena android adalah sistem operasi open source para vendor ponsel biasanya  memodifikasi sistem operasi itu untuk menunjukkan ciri khas dari keluaran vendor itu, yang sering kali para vendor menyisipkan software atau aplikasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan.
Lalu bagaimana agar ponsel kita tidak lemot meski banyak aplikasi yang kita Install ?

Berikut NubeTronic Akan berikan beberapa Tips Nya.


1. Install Aplikasi Sewajarnya

 Sebelum ke tips selanjutnya , install dan gunalkan aplikasi sewajarnya, install aplikasi yan memang kita butuhkan atau sering di gunakan, dengan begitu selain menghemat penggunaan memori internal , hal itu juga akan meng hemat penggunaan ram karena tidak ada software tidak jelas yang bekerja di belakanng.


2. Hindari Penggunaan Software Sulapan.

Maksud dari tips ke dua adalah hindari penggunaan software yang berkedok " Battery Saver "   Software cleaner " booster " dan sejenisnya. bukan karena software semacam itu tidak ada fungsinya tapi sering kali aplikasi semacam itu membawa masalah pada ponsel, software semacam itu sering kali secara default akan berjalan tersu menerus walaupun tidak kita gunakan, dan selalu aktif yang biasanya memunculkan popUp yang mengganggu. jika memang anda tetap akan menggunakan software sejenis, gunakan software yang benar-benar bisa di andalkan.


3.  Kurangi Penggunaan Aplikasi Sosial Media

Tips yang ketiga ini mugnkin akan sedikit mengecewakan  untuk para Kaum hawa. 
Pun begitu usahakan gunakan software sosial media yang memang kita harus menerima notifikasi secara real time, karena secara default software sosial media akan selalu berjalan di memori untuk keperlualn push service, dengan mengurangi aplikasi sosial media sealin mengurang penggunaan memori juga akan menghemat baterai.


4. Disable / Nonaktifkan Software Bawaan


Tips yang terakhir ini sangat membantu untuk optimalisasi ram dan memori internal ponsel.
dengan menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak kita butuhkan bagi ponsel tanpa akses root
dengan membuka menu Settings > Apps > pilih All

app list


Pilih aplikasi bawan yang tidak di butuhkan dengan klik daftar aplikasi pada ponsel dan pilih disable / Nonaktifkan . Note: Beberapa apliksasi Memang  tidak bisa di disable  , anda bisa pilih software yang memang aman untuk di disable
 beberapa aplikasi yang aman untuk di disable antara lain software Bawaab Google selain Google Play, Play servie, 
dan  anda juga aman untuk non aktifkan plugin dan widget bawaan vendor,


app setting

 menonaktifkan software di atas biasanya hanya akan menonaktifkan beberap widget dan layanan integrasi sosial media yang sebenarnya sudah ada pada software sosial media kebanyaka.
demikian dengan tips sederhana  di atas seharusnya ponsel anda akan bekerja lebih ringan dari sebelumnya , tapi jika dirasa masih kurang anda bisa mencoba tips Berikut >> Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Low Ram ( Root Requirement )

Cara Optimalkan RAM Android Tanpa Root Reviewed by Thestrix on December 08, 2018 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by NubeTronic © 2019

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.